Sabtu, 11 Desember 2010

VISI DAN MISI

Visi, Misi dan Tujuan
1.      Visi
Visi Yayasan Hidayatul Muawanah untuk berkiprah dalam ruang lingkup pendidikan dan menjangkau jauh kedepan diperlukan “Memiliki Kompetensi Keilmuan Dan Keterampilan Teknologi Komunikasi Informasi Serta Berbudi Pekerti Luhur”, dan harus mampu menempatkan posisi, peran dan fungsi Yayasan Hidayatul Muawanah dalam pembangunan pendidikan agama dan dalam pembangunan SDM secara menyeluruh dan dalam jangka waktu yang lebih panjang.
Tujuan pendidikan sinkron dengan tujuan hidup bangsa, yaitu melahirkan individu, keluarga dan masyarakat yang saleh serta menumbuhkan konsep-konsep kemanusiaan yang baik diantara umat manusia, yakni konsep-konsep yang sesuai dengan budaya, peradaban dan warisan umat serta pandangannya tentang alam, manusia dan hidup. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap umat, karena pendidikan selalu menjadi tumpuan dan harapan untuk mengembangkan individu dan masyarakat dan alat untuk memajukan peradaban, mengembangkan masyarakat serta membuat generasi mampu berbuat banyak bagi kepentingan mereka dalam setiap kondisi waktu atau perubahan zaman, dan tantangan hidup. Pendidikan juga dapat menjadikan manusia memiliki berbagai kemampuan untuk menjawab berbagai tantangan dan permasalahan kehidupan. Pendidikan sesungguhnya melekat dengan kehidupan manusia dan merupakan bagian dari kehidupan dimana pendidikan berproses dalam kehidupan sepanjang hayat.
Dewasa ini ruang lingkup pendidikan dihadapkan kepada globalisasi yang merupakan suatu kurun waktu atau zaman yang ditandai oleh munculnya berbagai gejala serta masalah yang menuntut umat manusia untuk menggantikan pola-pola persepsi dan pola-pola berpikir yang bersipat nasional ke pola-pola persepsi dan pola-pola berpikir yang bercakupan global. Globalisasi ini di tandai dengan hadirnya teknologi informasi dan teknologi komunikasi yang mempercepat proses globalisasi. Globalisasi ini menyentuh seluruh aspek kehidupan manusia sehingga dalam menyikapi dan menghadapi globalisasi di perlukan kualitas pendidikan yang relevan dengan globalisasi itu sendiri dengan tidak mengesampingkan jati diri pendidikan itu sendiri, yakni jati diri pendidikan Agama Islam. Oleh karena itulah pendidikan harus dikemas secara edukatif dan komprehensif yang relevan dan memiliki kemampuan untuk memainkan dan mentransformasikan nilai-nilai strategis kemanusiaan agar martabat dan harkat serta hak-hak azasi manusia terjaga dan terlindungi.
Dalam kondisi yang dipaparkan diatas, Yayasan Hidayatul Muawanah memiliki identitas pendidikan yang tebal dan kuat yang mempunyai arti bahwa pendidikan adalah watak dan identitas Yayasan Hidayatul Muawanah. Atas dasar watak dan identitasa ini, Yayasan Hidayatul Muawanah harus tampil dengan bendera pendidikan sebagai andalannya untuk memimpin dan membangun sumber daya manusia dan bangsa dalam mempersiapkan generasi menuju masyarakat Indonesia yang dicita-citakan. Hal ini megandung arti bahwa posisi Yayasan Hidayatul Muawanah dalam melaksanakan peran dan fungsinya harus kokoh berdiri di atas landasan yang kuat agar tidak mudah bergeser, dan tetap tegar melaksanakan peran strategis dalam pembangunan pendidikan agama dan dalam pembangunan bangsa Indonesia untuk menciptakan masyarakat Indonesia yang mampu percaya diri. Untuk tampil percaya diri dalam proses pendidikan dan pengembangan mutu SDM, Yayasan Hidayatul Muawanah memfokuskan tiga unsur strategis yang memiliki nilai kompetitif dan komparatif sehingga Yayasan Hidayatul Muawanah tampil prima dan posisi Yayasan Hidayatul Muawanah kokoh dan kuat. Adapun tiga unsur strategis ini adalah : Pertama, Isi Yayasan Hidayatul Muawanah; Kedua, Sistem Hidayatul Muawawanah; Ketiga, Kepentingan Yayasan Hidayatul Muawanah.

2.      Misi
Sesuai dengan paparan Visi Yayasan Hidayatul Muawanah, maka Misi Yayasan Hidayatul Muawanah sebagai berikut;
1.      Melaksanakan dan mengembangkan ilmu pendidikan untuk menjembatani seseorang, kelompok dan organisasi guna mendapatkan kualitas dan pekerjaan yang ditopang oleh berbagai disiplin ilmu untuk kepentingan masyarakat Indonesia dan masyarakt seluruhnya,
2.      Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan Agama Islam untuk menopang terciptanya bangsa yang berintelektual agamis dan teknologis,
3.      Menyelenggarakan program pendidikan agama untuk menghasilkan individu dan masyarakat dan terwujudnya kehidupan yang berakhlak mulia demi keutuhan persatuan dan kesatuan,
4.      Menyelenggarakan berbagai program pendidikan lainnya untuk menopang pendidikan agama dalam menyikapi dan menghadapi globalisasi.
5.      Menigkatnya kualitas sumber daya manusia berwatak dinamis, kemandirian dan kesetiakawanan dalam bermasyarakat dan berbangsa yang merupakan bagian integral dari konsep kehidupan yang lahir dari Islam dengan ciri-ciri khusus atau krakteristik yang membedakannya dari yang lain,
6.      Meningkatnya pengembangan informasi pendidikan berwawasan global, berpikir ilmiah dan berbudi pekerti luhur.

3.      Tujuan
Tujuan Yayasan Hidyatul Muwawnah dalam pengembangannya diarahkan untuk mencapai tujuan sebagai berikut:
1.      Mendidik umat manusia dalam pendidikan agama dan meningkatnya mutu pendidikan untuk mempersiapkan dan membina generasi bangsa dan agama yang berprilaku islami, mandiri, berdisiplin tinggi dan berwawasan luas dalam kajian Islam.
2.      Menghasilkan berbagai potensi yang diperlukan untuk menopang upaya pembangunan pendidikan nasional, pengembangan SDM dan pembangunan nasional.
3.      Menghasilkan inovasi yang merupakan terobosan untuk kepentingan pendidikan, bangsa dan masyarakat.
4.      Menyelenggarakan berbagai pendidikan dan keterampilan untuk mewujudkan partisipasi Yayasan Hidayatul Muawanah dalam pendidikan agama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar