Sabtu, 11 Desember 2010

TUGAS POKOK, FUNGSI DAN TUJUAN

Tugas Pokok, Fungsi dan Tujuan
1.      Tugas Pokok.
Sebagai lembaga Non-Formal, Yayasan Hidayatul Muawanah mempunyai tugas pokok sebagai berikut :
1.      Melaksanakan tugas pendidikan agama untuk menegakan Syi’ar Islam dengan prinsip “Sampaikanlah Yang Benar” dan menjunjung tinggi nilia-nilai agama yang bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW, pengetahuan dan niat yang kuat.
2.      Melaksanakan pendidikan dan pengajaran agama untuk membina umat dengan konsep Islam yang komprehensif tentang konsep Islam yang di dasarkan atas cara pandang secara utuh (Kaffah) adalah ibadah, aspek kepribadian rohani dan sosial agar mereka tumbuh menjadi muslim yang berakidah, berpikir dan berakhlak Islami.
3.      Mendidik umat dan generasi bangsa dan agama agar menjadi generasi yang dapat memenuhi cita-cita dan membantu memecahkan berbagai masalah yang dihadapi.
4.      Membuat deskripsi, analisis dan evaluasi mengenai pendidikan dalam bidang agama atau cabang pendidikan tertentu serta menampilkan gagasan kreatif yang dapat diterapkan dalam mengembangkan pendidikan.
5.      Memberikan layanan pendidikan dalam upaya meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam mewujudkan tujuan nasional.

2.      Fungsi
            Yayasan Hidayatul Muawanah dalam ruang lingkup pendidikan mengemban fungsi sebagai berikut :
1.      Mengembangkan disiplin ilmu pendidikan agama dan disiplin ilmu lainnya yang menunjang tugas pokok Yayasan Hidayatul Muawanah
2.      Mengembangkan pendidikan yang tidak hanya berorientasi pada nilai akademik, melainkan berorientasi bagaimana seorang didik bisa belajar dari lingkungannya. Sehingga mereka bisa mengembangkan sikap kreatif dan daya berpikir imajinatif.
3.      Mengupayakan terciptanya kualitas sumber daya manusia berwatak dinamis yang merupakan bagian integral dari konsep kehidupan yang lahir dari Islam dengan ciri-ciri khusus atau krakteristik yang membedakannya dari yang lain.

3.      Tujuan
            Tujuan Umum Yayasan Hidayatul Muawanah adalah :
1.      Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan individu dan masyarakat berkualitas dalam agama.
2.      Mempersiapkan dan membina generasi bangsa dan agama yang berprilaku islami, mandiri, berdisiplin tinggi dan berwawasan luas dalam kajian Islam.
3.      Mengembangkan dan melaksanakan program pendidikan agama dan cabang pendidikan lainnya dalam mewujudkan cita-cita pendidikan nasional.

            Tujuan Khusus Yayasan Hidayatul Muawanah yang lebih operaisonal adalah:
1.      Menghasilkan individu yang mampu mengamalkan pendidikan agama kepada diri sendiri, keluarga maupun masyarakat.
2.      Menghasilkan individu yang mampu  mengembangkan pendidikan agama dilingkungan masyarakat.
3.      Melaksanakan program pengabdian pada masyarakat, yang berhubungan dengan masalah-masalah keagamaan.
4.      Mengembangkan dan melaksanakan pendidikan agama dalam usaha perbaikan sesuai dengan perkembangan ilmu, metodologi dan teknologi serta seni.
5.      Menghasilkan kader-kader generasi bangsa dan agama yang mampu berkiprah dan mengayomi masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar