Sabtu, 11 Desember 2010

INFORMASI UMUM

Sejarah Singkat Yayasan Hidayatul Muawanah

            Yayasan Hidayatul Muawanah merupakan institusi Non-Formal yang awal pendiriannya di latarbelakangi  dengan adanya gagasan dan pemikiran para perintis pendidikan yang menyadari bahwa upaya mendidik dan mencerdaskan generasi umat merupakan bagian penting dalam menyebarkan agama dan mengisi kemerdekaan. Sejak didirikannya Yayasan Hidayatul Muawanah pada tanggal 01 Januari 2003 dengan kondisi yang sederhana, program-program pendidikan yang telah dirancang dan disusun mulai dilaksanakan. Adapun program-program pendidikan tersebut adalah; 1) Program Pendidikan TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an), Pengajian rutinitas remaja dan ibu-ibu.
            Dalam usianya yang baru lahir, Yayasan Hidayatul Muawanah ditempa dengan berbagai macam tantangan dan hambatan yang telah memberikan pengalaman yang cukup matang dan membimbing Yayasan Hidayatul Muawanah untuk lebih dewasa. Salah satu tantangan dan hambatan yang paling dominan adalah tuntutan mengembangkan potensi-potensi yang ada di Yayasan Hidayatul Muawanah dan pembangunan sarana prasarana sebagai faktor pendukung pelaksanaan program pendidikan. Tantangan dan hambatan tersebut memacu Yayasan Hidayatul Muawanah untuk berkiprah lebih luas dalam ruang lingkup pendidikan, tertutama pendidikan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan tuntutan zaman. Pengembangan program pendidikan agama mendapat respon yang sangat baik dari kalangan masyarakat dan mengalami kemajuan yang cukup baik, hal ini dibuktikan dengan adanya kondisi fisik bahwa jumlah siswa-siswi yang mengikuti pengajian makin bertambah sehingga sarana dan prasarana sudah tidak memadai dan pengajian rutinitas ibu-ibu makin luas.
Dengan kondisi Yayasan Hidayatul Muawanah seperti yang dipaparkan diatas, maka pada tahun 2004, Yayasan Hidayatul Muawanah menyususn Master Plan Yayasan untuk jangka waktu 2004-2008. Master Plan Yayasan tersebut diataranya :
1.        Rencana Induk Pengembangan (RIP) Yayasan Hidayatul Muawanah yang mengacu pada pembangunan sarana prasarana pondok pesantren dan cabang induk pendidikan lainnya.
2.        Pemantapan sistem pendidikan Yayasan Hidayatul Muawanah yang pelaksanaanya dilakukan mulai pada tahun 2004.
3.        Mengembangkan cabang induk pendidikan tertentu seperti Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), Taman Kanak-kanak (TK), Madrasah Diniyah (MD), Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK).
4.        Penataan Aspek Legalitas Yayasan Hidayatul Muawanah dan cabang induk pendidikan tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar